KOMPETEN

PTPN7-Tubu.
Pengertian kompeten adalah :
1. Memiliki wewenang/kuasa dalam suatu hal.
2. Cakap atau mengetahui.
Dan pengertian kompetensi diantaranya yaitu :
1.Memiliki kemampuan dalam menguasai tata bahasa suatu bahasa dengan cara yang abstrak atau batiniah.
2.Kewenangan atau kekuasaan dalam menentukan atau memutuskan suatu hal.
Kompetensi merupakan keterampilan, pengetahuan dan sikap dasar dalam nilai yang tercermin ke dalam kebiasaan berpikir serta bertindak yang sifatnya berkembang, dinamis, kontinyu atau terus menerus, dan juga bisa diraih setiap saat. Kebiasaan dalam berpikir atau bertindak secara spontan, konsisten, dan dilakukan secara terus menerus akan membuat seseorang menjadi lebih kompeten.

KOMPETENSI, diantaranya yaitu :
1.Understanding/pemahaman yaitu kedalaman kognitif yang dimiliki oleh seseorang.
2.Skill/kemampuan yaitu suatu keterampilan atau bakat yang dimiliki oleh individu dalam melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
3.Knowledge/pengetahuan yaitu kesadaran dalam bidang kognitif, yang artinya adalah mengetahui apa yang diperbuat.
4.Interest/minat adalah kecenderungan seseorang yang tinggi pada suatu hal atau untuk melakukan suatu perbuatan.
5.Attitude/sikap adalah reaksi seseorang pada setiap rangsangan yang datang dari luar, contohnya rasa senang, suka atau tidak suka.
6.Value/nilai adalah standar perilaku atau sikap yang dipercaya dengan cara psikologis yang sudah menyatu di dalam diri seseorang.
Sehingga bila diartikan secara istilah kompeten adalah kecakapan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam bidangnya, dan pengertian kompetensi adalah kemampuan yang ada dalam diri seseorang dalam menunjukkan atau mengaplikasikan keterampilannya dalam kehidupan nyata.
Pengertian Kompetensi Dalam Manajemen SDM
Segala pekerjaan mempunyai persyaratan dan juga serangkaian kompetensi yang khusus dalam melaksanakannya dengan cara yang efisien. Orang-orang yang akan melakukan pekerjaan itu harus disesuaikan dengan kompetensi, yang berhubungan dengan pekerjaannya. Bisa dikatakan bahwa karyawan yang berkompeten merupakan sumber utama dalam setiap organisasi, supaya bisa mendapatkan keunggulan dalam sebuah persaingan bisnis.
Kompetensi adalah  Kecakapan, kemampuan dan kewenangan. Dan jika diaplikasikan ke dalam manajemen, terutama manajemen SDM arti dari kompetensi ini adalah kombinasi antara pengetahuan, keterampilan dan kepribadian yang bisa meningkatkan kinerja karyawan sehingga mereka mampu memberi kontribusi pada kesuksesan Perusahaan atau organisasinya.

Jur/Tubu/BH/SDM