PENCARIAN

SOSIALISASI BUDAYA AKHLAK CHANGE LEADER, CHANGE BOOSTER, CHANGE AGENT.

 Media-PTPN7-Tubu.

~AKHLAK~ Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif.

Senin ( 29/03/2021)  Budaya AKHLAK merupakan budaya yang wajib untuk dilaksanakan semua insan Perusahaan PT. Perkebunan Nusantara VII.

Agenda pada pertemuan kali Ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi yang dilakukan pada jajaran karyawan setingkat pelaksana atau change Target dan sosialisasi dilaksanakan diruang rapat Manajer.

Hadir dalam sosialisasi tersebut Manajer Unit Tulungbuyut Agus Faroni, S.P.M.M, Askep Tanaman wilayah A, Silvana Yoga,S P, Askep Tanaman Wilayah B Joko Bintoro, SP. Maskep TNP Anton Prabowo, ST, dan seluruh Asisten Bagian.

Dalam sambutan dan pemaparan mengenai program Akhlak Joko Bintoro, SP yang merupakan Change Booster Akhlak PTPN7 Unit Tubu mengutarakan “ada beberapa agenda yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini diantaranya.

Visi dan Strategi Perusahaan 2020 - 2024

Budaya Perusahaan “AKHLAK” (Definisi, Perilaku Utama, Peran dan Dukungan)

Tujuan dan Sasaran

 Program Internalisasi

VISI

Menjadi Perusahaan agribisnis nasional yang unggul dan berdaya saing kelas dunia serta berkontribusi secara berkesinambungan bagi kemajuan bangsa.

Tiga Pilar Strategi

1.    Optimalisasi Portofolio dan Operational Excellence

- Melakukan fokus komoditi utama (Sawit, Gula, Karet, Teh & Kopi)

-Meningkatkan produktivitas operasional, efisiensi dan sustainability

- Mencapai cost leadership dan memperbaiki posisi keuangan

-Melakukan restrukturisasi anak perusahaan dan memperkuat tata kelola holding

2.    Commercial Excellence dan Ekspansi Hilir

- Mengintegrasikan fungsi sales dan marketing

-Mengembangkan bisnis ritel dan cakupan pelanggan

-Melakukan investasi bisnis hilir prioritas (minyak goreng, green diesel)

3.    Optimalisasi Aset dan Kemitraan Strategis

-Melakukan monetisasi atau melepas aset non-inti

-Menjalankan kemitraan strategis

-Memberdayakan UMKM dan petani rakyat

Dua Pendukung Strategi

1.    Pengembangan Kapabilitas dan Budaya yaitu :

-Mengembangkan talent dengan kapabilitas teknis dan manjerial

-Mengembangkan kapabilitas R&D dan advisory

-Menumbuhkan budaya baru

2.    Peningkatan Sistem dan Teknologi

-Memanfaatkan digitalisasi dan teknologi untuk operasi dan bisnis

AKHLAK Budaya Perusahaan diantaranya:

AMANAH

-Selalu Memegang teguh kepercayaan yang diberikan

KOMPETEN

-Memiliki kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas

HARMONIS

-Memiliki sikap Saling peduli dan menghargai perbedaan

LOYAL

-Selalu Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara

ADAPTIF

-Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan

KOLABORATIF

-Membangun kerja sama yang sinergis

Sedangkan prilaku utama sebagai insan yang berakhlak yaitu :

AMANAH

1.    Berprilaku dan bertindak selaras dengan perkataan.

2.    Menjadi seseorang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

3. Bertindak jujur dan berpegang teguh kepada nilai moral dan etika secara konsisten

KOMPETEN

1. Terus menerus meningkatkan kemampuan/kompetensi agar selalu mutakhir.

2.    Selalu dapat diandalkan dengan memberikan kenerja terbaik.

3.    Menghasilkan kinerja dan prestasi yang memuaskan

HARMONIS

1.    Berperilaku saling membantu dan mendukung sesama insan organisasi maupun masyarakat.

2.    Selalu menghargai pendapat, ide atau gagasan orang lain.

3.    Menghargai kontribusi setiap orang dari berbagai latar belakang.

 LOYAL

1.    Menunjukkan komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan.

2. Bersedia berkontribusi lebih dan rela berkormban dalam mencapai tujuan.

3.    Menunjukkan kepatuhan kepada organisasi dan negara

ADAPTIF

1. Melakukan inovasi secara konsisten untuk menghasilkan yang lebih baik.

2. Terbuka terhadap perubahan, bergerak lincah, cepat dan aktif dalam setiap perubahan untuk menjadi lebih baik.

3.    Bertindak proaktif dalam menggerakan perubahan.

 KOLABORATIF

1.    Terbuka bekerja sama dengan berbagai pihak.

2. Mendorong terjadinya sinergi untuk mendapatkan manfaat dan nilai tambah

3.    Bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

Peran dan dukungan yang diharapkan dari diri kita, lingkungan kita, peran kita :

Implementasi AKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari, jadikanlan diri kita cerminan dan panutan AKHLAK bagi lingkungan kita, berpartisipasi dan sukseskan setiap program internalisasi AKHLAK sesuai dengan peran kita sebagai agen perubahan

AKHLAK memiliki Tujuan dan Sasaran diantaranya :

TUJUAN

 untuk Mengkampanyekan dan mengedukasi seluruh anggota organisasi tentang AKHLAK

 Menumbuhkembangkan kesadaran karyawan untuk bersikap dan berperilaku AKHLAK

 Mendukung implementasi strategi perusahaan melalui penciptaan perilaku AKHLAK

SASARAN

Seluruh anggota perusahaan “buy in” AKHLAK, artinya Karyawan menerima dan merasa memiliki AKHLAK, menjadikannya sebagai landasan utama dalam bersikap dan berperilaku di perusahaan”.

Itulah beberapa materi yang disampaikan Joko Bintoro, SP. sebagai Change Booster dalam acara sosialisasi Internalisasi Budaya Perusahaan tersebut.

@and

Untuk memahami serta belajar, mengerti  dan diterapkan dalam kehidupan kita, dapat mengklik halaman APA ITU AKHLAK disini.

@Jur/Tubu/Bambang H/SDM/2021.


No comments:

Post a Comment

Search This Blog