Media-PTPN7-Tubu.
Senin ( 29/03/2021)
Budaya AKHLAK merupakan budaya yang wajib untuk dilaksanakan semua insan
Perusahaan PT. Perkebunan Nusantara VII.
Agenda pada pertemuan kali Ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi yang
dilakukan pada jajaran karyawan setingkat pelaksana atau change Target dan sosialisasi dilaksanakan diruang rapat
Manajer.
Hadir dalam sosialisasi
tersebut Manajer Unit Tulungbuyut Agus Faroni, S.P.M.M, Askep Tanaman wilayah
A, Silvana Yoga,S P, Askep Tanaman Wilayah B Joko Bintoro, SP. Maskep TNP Anton
Prabowo, ST, dan seluruh Asisten Bagian.
Dalam sambutan dan pemaparan
mengenai program Akhlak Joko Bintoro, SP yang merupakan Change Booster Akhlak
PTPN7 Unit Tubu mengutarakan “ada beberapa agenda yang akan saya sampaikan pada
kesempatan kali ini diantaranya.
•Visi
dan Strategi Perusahaan 2020 - 2024
•Budaya
Perusahaan “AKHLAK” (Definisi, Perilaku Utama, Peran dan
Dukungan)
•Tujuan
dan Sasaran
• Program
Internalisasi
VISI
Menjadi Perusahaan agribisnis nasional yang unggul dan berdaya saing kelas
dunia serta berkontribusi secara berkesinambungan bagi kemajuan bangsa.
Tiga Pilar Strategi
1. Optimalisasi Portofolio dan Operational
Excellence
- Melakukan
fokus komoditi utama (Sawit, Gula, Karet, Teh & Kopi)
-Meningkatkan
produktivitas operasional, efisiensi dan sustainability
- Mencapai
cost leadership dan memperbaiki posisi keuangan
-Melakukan
restrukturisasi anak perusahaan dan memperkuat tata kelola holding
2. Commercial Excellence dan
Ekspansi Hilir
- Mengintegrasikan
fungsi sales dan marketing
-Mengembangkan
bisnis ritel dan cakupan pelanggan
-Melakukan
investasi bisnis hilir prioritas (minyak goreng, green diesel)
3. Optimalisasi Aset dan Kemitraan Strategis
-Melakukan
monetisasi atau melepas aset non-inti
-Menjalankan
kemitraan strategis
-Memberdayakan UMKM dan petani rakyat
Dua Pendukung Strategi
1. Pengembangan
Kapabilitas dan Budaya yaitu :
-Mengembangkan talent dengan kapabilitas teknis dan
manjerial
-Mengembangkan kapabilitas R&D dan advisory
-Menumbuhkan budaya baru
2. Peningkatan
Sistem dan Teknologi
-Memanfaatkan digitalisasi dan teknologi untuk
operasi dan bisnis
AKHLAK Budaya Perusahaan diantaranya:
AMANAH
-Selalu Memegang
teguh kepercayaan yang diberikan
KOMPETEN
-Memiliki kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan kapabilitas
HARMONIS
-Memiliki sikap Saling peduli dan menghargai perbedaan
LOYAL
-Selalu Berdedikasi
dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara
ADAPTIF
-Terus
berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan
KOLABORATIF
-Membangun kerja sama yang sinergis
Sedangkan prilaku utama
sebagai insan yang berakhlak yaitu :
AMANAH
1.
Berprilaku
dan bertindak selaras dengan perkataan.
2.
Menjadi
seseorang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab.
3. Bertindak
jujur dan berpegang teguh kepada nilai moral dan etika secara konsisten
KOMPETEN
1. Terus menerus meningkatkan kemampuan/kompetensi agar selalu mutakhir.
2. Selalu dapat diandalkan dengan memberikan kenerja terbaik.
3. Menghasilkan kinerja dan prestasi yang memuaskan
HARMONIS
1. Berperilaku saling membantu dan mendukung sesama insan organisasi maupun
masyarakat.
2. Selalu menghargai pendapat, ide atau gagasan orang lain.
3. Menghargai kontribusi setiap orang dari berbagai latar belakang.
LOYAL
1. Menunjukkan komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan.
2. Bersedia berkontribusi lebih dan rela berkormban dalam mencapai tujuan.
3. Menunjukkan kepatuhan kepada organisasi dan negara
ADAPTIF
1. Melakukan inovasi secara konsisten untuk menghasilkan yang lebih baik.
2. Terbuka terhadap perubahan, bergerak lincah, cepat dan aktif dalam setiap
perubahan untuk menjadi lebih baik.
3. Bertindak proaktif dalam menggerakan perubahan.
KOLABORATIF
1. Terbuka bekerja sama dengan berbagai pihak.
2. Mendorong terjadinya sinergi untuk mendapatkan manfaat dan nilai tambah
3. Bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.
Peran
dan dukungan yang diharapkan dari diri kita, lingkungan kita, peran kita :
Implementasi
AKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari, jadikanlan diri kita cerminan dan
panutan AKHLAK bagi lingkungan kita, berpartisipasi dan sukseskan setiap
program internalisasi AKHLAK sesuai dengan peran kita sebagai agen perubahan
AKHLAK memiliki Tujuan dan
Sasaran diantaranya :
TUJUAN
• untuk Mengkampanyekan dan mengedukasi seluruh anggota organisasi tentang AKHLAK
• Menumbuhkembangkan kesadaran karyawan untuk bersikap dan berperilaku AKHLAK
• Mendukung implementasi strategi perusahaan melalui penciptaan perilaku
AKHLAK
SASARAN
Seluruh anggota
perusahaan “buy in” AKHLAK, artinya Karyawan menerima dan merasa memiliki
AKHLAK, menjadikannya sebagai landasan utama dalam bersikap dan berperilaku di
perusahaan”.
Itulah beberapa
materi yang disampaikan Joko Bintoro, SP. sebagai Change Booster dalam acara
sosialisasi Internalisasi Budaya Perusahaan tersebut.
@and
Untuk memahami serta belajar, mengerti dan diterapkan dalam kehidupan kita, dapat mengklik halaman APA ITU AKHLAK disini.
@Jur/Tubu/Bambang
H/SDM/2021.
No comments:
Post a Comment